Monday, October 1, 2012

Manffat Orgasme untuk kesehatan




Orgasme, saat mendapat kepuasan atau kenikmatan puncak secara seksual, ternyata memberikan banyak manfaat kesehatan. Di bawah ini adalah sembilan faedah sehat dari orgasme. Meskipun lebih berkaitan dengan kaum wanita, paling tidak kaum pria bisa mendapat pengetahuan penting soal pentingnya kepuasan pasangan.

Menjaga Peredaran Darah 
Menurut Dr. Jennifer Berman, salah satu pendiri Female Sexual Medicine Center di UCLA, orgasme meningkatkan sirkulasi darah, menjaga darah tetap mengalir ke area intim. Selanjutnya, jaringan pun tetap sehat.

Aktivitas Kardio 
Meski tak bisa dianggap latihan harian alternatif, merasakan orgasme adalah aktivitas kardiovascular. Detak jantung dan tekanan darah meningkat, begitu juga tingkat pernafasan. Dan seperti pengaruh berlari secara psikologia, tubuh melepas endorphin. Terdengar seperti cara menyenangkan untuk memacu jantung.

Mengangkat Suasana Hati 
Merasa sangat kesal dan sedih? Orgasme mungkin berguna untuk membuat hati riang lagi. Selain endorphin, dopamine, dan oxytocin juga dilepas selama orgasme. Ketiga hormon, menurut Berman, berefek ke perbaikan suasana hati. Dopamine juga merupakan hormon yang dilepas saat orang memakai obat-obatan seperti kokain, atau memakan sesuatu yang sangat lezat.

Membantu Tidur 

Sedikit kesenangan bisa mendorong istirahat malam yang lama. Survei terakhir menyebut 30 persen dari 1.800 wanita memanfaatkan pelepasan seksual sebagai penenang alami.

Menjaga Kesehatan Otak 

Mendapat orgasme bukan hanya memacu jantung, tapi juga pikiran. Orgasme sebenarnya memupuk otak dengan oksigen. Citra MRI fungsional memperlihatkan otak wanita memakai jauh lebih banyak oksigen saat orgasme daripada biasanya.

Penghilang Rasa Sakit Alami 

Satu hal yang didapat praktisi Victorian adalah bahwa orgasme dapat meredakan beberapa rasa sakit, di antaranya migrain dan kram menstrual. Kontraksi yang menyertai orgasme bisa mengenyahkan gumpalan darah saat haid sehingga terasa lega selama beberapa saat.

Melepas Stres 
Sebagian besar hidup kita dilanda kesibukan. Begitu sibuknya sampai sulit membayangkan diri sedang bersantai. Namun, pelepasan seksual bisa menjadi pereda stres ganda. Bukan hanya menghasilkan hormon yang terkait dengan tugas melepas stres, tapi orgasme juga dapat membuat pikiran rileks. Orgasme membuat fokus ke satu hal, tidak ke berbagai hal yang bikin stres.

Sinar Menyehatkan 

Ada yang bilang orang “bersinar” setelah melakukan hubungan seksual. Ide itu mungkin benar adanya. Hormon DHEA (dehydroepiandrosterone), yang meningkat selama rangsangan seksual, sesungguhnya dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

Membantu Kesehatan Emosional 
Terakhir, setelah tahu bagaimana bisa orgasme, Anda dapat menaikkan kepercayaan diri dan kecerdasan emosional tanpa memikirkan status pasangan sehingga dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam relasi. Anda tak perlu orang lain untuk menegaskan bahwa Anda makhluk seksual.

No comments:

Post a Comment